Senin, 09 Mei 2016

HAIR CARE ROUTINE


Rambut adalah mahkota wanita. Jadi ya tentunya rambut perlu banget untuk dijaga, bukan cuma untuk wanita aja tapi juga pria perlu loh ngerawat rambut kalian. Oke sebelum aku bahas apa aja sih hair care routine aku. Aku mau cerita sedikit atau mungkin panjang tentang rambut aku haha.


MY HAIR STORY

1. REBONDING and SMOOTHING
Rambut aku ini ikal bergelombang (keturunan). Aku kesel banget sebenarnya punya rambut ikal bergelombang gini. Jadi pas masuk SMA aku coba untuk rebonding (lagi ngetop banget rebonding). Meskipun aku punya rambut ikal bergelombang, tapi aku punya rambut yang cukup halus dan jarang rontok, walaupun dari aku SD SMP ya keramas cuma shampo aja (ya namanya juga masih bocah). Tapi pas aku sehabis rebonding pertama kali itu rambutku juga gak lurus-lurus amat, malahan jadi kasar dan gampang rontok. Ada rasa nyesel sih, karena udah dikasih tau tapi masih ngeyel (abisnya penasaran). Udah gitu aku gak pernah ngerawat rambut. Setelah itu aku ada rebonding beberapa kali lagi dan smoothing juga (baru muncul, dan langsung mengalahkan ketenaran rebonding). Kayak terima nasib aja rambutku kasar dan rontok, tapi gak mencoba memperbaiki. 


2.COLORING HAIR 
Kemudian di sekolahku pas SMA lagi ngetren cat rambut (aduh fanly plis deh rambut loe tuh uda rusak). Dan aku pun mulai warnain. Aku warnain juga ada berkali-kali sampai sekarang. Yaudadeh alhasil rambutku makin parah aja, udah kasar terus rontok juga. Kepala uda hampir botak, sampai akhirnya rambutku bercabang dan super parah, bukan cuma bercabang dua tapi bahkan lebih sampai bisa ngebelah ke atas. Dan aku cuma bisa meratapi rambut aku dan aku potong biar cabangnya hilang. Aku sempat ngerawat rambut aku tapi ga rutin dan jadinya lupa. Pas inget, uda rusak (again). 


3.SENSITIVE HAIR / DANDRUFF 
Salah shampo atau salah pakai perawatan langsung deh ketombean. Rambutku gampang banget ketombean meskipun efeknya gak langsung kelihatan. Kalau gak cocok, rambutku sekitar 2-3 hari baru bereaksi gatal-gatal dan ketombean.


4.OILY HAIR
Yap rambutku tipe berminyak. Lengkap sudah penderitaan. Hiks >.< 
Jadi aku harus keramas setiap hari. Tobat deh kalau sehari aja gak keramas atau males, ini rambut bakal lepek banget banget. Dan bikin seharian jadi bad day karena rambut lepek dan gatal.


and then...

Aku udah gak pernah smoothing lagi, terakhir ya kuliah tapi lupa semester berapa. Dan kayaknya karena aku udah cukup beberapa kali rebonding dan smoothing, rambutku sekarang jadi gak terlalu ikal dan hanya bergelombang aja. Tapi untuk coloring tetep ya cinn haha.

Finally... aku memutuskan untuk merawat rambut aku dan rutin. Yang akan aku share ini adalah perawatan rambutku sekarang. 


MY HAIR CARE ROUTINE


1. SHAMPOO
Aku udah pakai shampo ini cukup lama. Jadi aku juga dulunya suka gonta ganti shampo. Aku pernah pakai Rejoice, Pantene, dan Head and Shoulders gak cocok karena rambutku langsung jadi keras. Dan aku juga pernah pakai Sunsilk, Lifebuoy, dan Dove sampai beberapa kali beli juga. Sampai akhirnya temanku rekomen Tresemme. Temanku sih pakai yang merah Keratin. Tapi pas aku baca kayaknya bukan itu yang aku butuhin. Aku coba pakai yang warnanya ungu (anti hair fall untuk rambut patah dan rontok) dan hijau (split repair untuk rambut bercabang) tapi malah ketombean. Yauda aku akhirnya coba yang biru muda (scalp care untuk ketombe dan rontok) dan cocok banget. Pernah aku coba balik lagi ke yang hijau (split repair), eh cape deh ketombean lagi. Yauda sampai sekarang tetap setia sama scalp care.
Tresemme Scalp Care Shampoo
My Opinion :
Aku cocok pakai shampo ini. Dan gak mau berpaling hati darinya haha. Karena sekali berpaling, langsung deh kena musim salju di rambut alias ketombe hahaha.


2. CONDITIONER
Sekarang ini rambut aku lagi panjang banget (sedada lebih dikit). Biasanya kalau rambutku udah sepanjang ini, masalah yang muncul adalah rontok banget kayak rambut lepas. Parah banget deh rontoknya bisa segumpalan tangan. Dan biasa aku cuman bisa potong rambut aja supaya rontoknya gak makin parah. Tapi sebenarnya rontokpun gak akan terlalu berkurang meski aku potong rambut, cuma mendingan aja. Untuk conditioner sebelumnya aku pakai dari Tresemme Scalp Care juga. Cuma menurutku sih yauda biasa aja, teksturnya juga agak kental. 

Di tengah keputusasaan aku karena pengen punya rambut panjang tapi gak rontok. Aku mulai suka nonton youtube tentang hair care. Dan mereka bilang conditioner pantene 3 minute miracle ini bagus banget. Di atas aku bilang aku gak cocok sama pantene. Jujur sih aku rada takut juga haha. Tapi setelah pakai conditioner ini, wow rambutku langsung kelihatan bedanya dalam 1x pakai aja (asli bukan iklan haha). Rontok tetap ya masih ada tapi berkurang jauh banget dan bisa kehitung deh sama jari (paling banyak juga 10an helai rambut, itupun gak langsung). Rambut juga jadi lembut banget, dan seriously gue bisa nyisir rambut gue pakai jari doank boo hahaha. 
Pantene 3 Minute Miracle Conditioner - Hair Fall Control
My Opinion :
Suka banget sama teksturnya yang kayak gel creamy gitu. Jadi pengaplikasiannya gampang. Ambil sedikit aja udah bisa pakai ke 1 kepala (hemat yeayyyy haha). Rambutku jadi halus, rontok berkurang, dan jadi mau pegang rambut terus haha.


3. HAIR TONIC
Kalau lagi gak males, biasanya habis keramas pas rambut masih agak basah aku pakai hair tonic dari Makarizo ini. Aku suka sama hair tonic ini karena pengaplikasiannya tinggal disemprot dan efeknya jadi segar dingin gitu. Untuk khasiatnya aku kurang bisa rasain karena aku jarang pakai. Malah biasa aku pakai seminggu sekali aja setelah creambath.
Makarizo Advisor Anti Hair Fall Defense Hair & Scalp Tonic
My Opinion :
Aku suka model tonic kayak gini. Gampang pengaplikasiannya karena model semprot. Btw semprotnya tetap ke kulit kepala ya biar meresap ke akar rambut. Dan tonic ini punya efek dingin di kepala. Wanginya juga fresh. Jadi aku suka. Mungkin aku harus mulai belajar rutin pakai hair tonic supaya rambut aku tetap sehat sampai ke akar.


4. HAIR VITAMIN
Rambutku jadi kering karena rusak (meskipun kulit kepalanya berminyak). Cowokku sering bilang rambutku ini rambut singa. Bikin bete banget kalau dia udah ngomong begitu. Jadi aku perlu yang namanya vitamin rambut ini supaya membuat rambutku kelihatan lebih rapi. Biasanya aku pakai sedikit aja dan aku aplikasikan ke rambutku dari leher ke bawah, dan sisa-sisanya aku aplikasikan ke bagian atas sampai tengah rambut.
Makarizo Hair Recovery
My Opinion :
Aku suka dengan teksturnya yang bentuknya minyak, tapi ketika diaplikasikan gak bikin lengket di rambut dan ringan. Bentuknya juga kecil, jadi praktis banget dibawa kalau di rumah lupa pakai atau untuk dibawa travelling.


5. HAIR FRAGRANCE
Terlalu lama di luar bisa membuat rambutku menjadi bau. Seperti bau matahari, bau asap-asap kendaraan, dll. Jadi aku selalu bawa parfum rambut ini di dalam tas aku supaya bisa dengan mudah aku pakai kalau aku ngerasa rambut aku udah mulai gak enak baunya. 
Makarizo Hair Fragrance - Fresh Bouquet
My Opinion :
Parfum rambut dari Makarizo ini punya 4 pilihan wangi. Dan aku sukanya wangi yang warna hijau ini karena rasanya fresh banget. Wanginya juga tahan lama.


6. HAIR MASK
Bukan cuma muka, tapi rambut juga perlu dimasker loh. Seminggu 2 kali aku selalu masker rambut aku. Di sini aku punya 2 masker rambut yang aku pakai.
Makarizo Hair Repair Mask
My Opinion :
Teksturnya agak padat. Kemasannya gampang banget dibawa kemana-mana karena kecil. Tapi untuk hasilnya di rambutku sih biasa aja.


Matrix Biolage Hair Mask - Mint
Penampakan isinya
My Opinion :
Teksturnya creamy. Untuk yang aku pakai ini punya efek mint jadi segar di kepala. Untuk hasilnya biasa aja, tapi better dibanding makarizo.


Conclusion :
Kayaknya aku masih harus mencari Hair Mask yang cocok buat aku. Nanti kalau udah dapat dan cocok, aku akan share ke kalian.


7. HAIR CREAMBATH
Paling males ke salon, tapi niat hati mau ngerawat rambut. Yauda ngerawat sendiri aja di rumah. Toh lebih murah haha. Seminggu 1 kali aku selalu creambath rambut aku. Cuma namanya juga di rumah, mana punya alat-alat kayak di salon. Biasanya sih orang-orang setelah pakai cream creambath, lalu ditutup lagi kepalanya dengan handuk hangat sebagai pengganti steamer. Cuma aku males aja buat pakai handuk hangat itu. Jadi ya aku pakainya tanpa handuk hangat dan aku biarkan selama 15 menit atau lebih. Aku gak terpatok waktu, karena biasanya aku pegang rambut aku. Kalau sudah jadi agak keras. Baru deh aku keramas. Di sini aku punya 2 cream creambath yang aku pakai.
Makarizo Hair Creambath - Royal Jelly
Penampakan isinya
My Opinion :
Udah cukup lama aku pakai makarizo ini untuk creambath. Cuma untuk yang royal jelly ini aku baru pakai. Biasa aku pakai yang kiwi karena suka banget sama wanginya kayak permen karet. Yang ini wanginya juga enak. Teksturnya creamy dan gampang diaplikasikan ke rambut. Rambut jadi lembut banget sehabis pakai ini. Tapi untuk ketahanan wangi aku rasa lebih tahan kiwi, karena besok paginya sehabis bangun tidur masih kecium wanginya di rambut. Makarizo ini memang salah satu favorit aku.


Bali Alus Creambath - Ginseng
Penampakan isinya
My Opinion :
Teksturnya padat. Mungkin bisa dibilang seperti balsam cuma lebih creamy sedikit. Agak susah diaplikasikan ke rambut. Wanginya herbal enak banget jadi bikin relax. Tapi menurutku setelah aku pakai, rambutku ya biasa aja, gak jadi lembut. 


8. DRY SHAMPOO
Dry shampoo merek Batiste ini lagi banyak banget yang pakai. Dan tanpa pikir panjang aku langsung beli. Rambut aku kan harus keramas tiap hari. Meski tiap pagi keramas, sorenya udah mulai berasa berminyak. Jadi aku pikir aku butuh dry shampoo ini. Yap.. bodohnya aku, aku lupa kalau rambutku ini sensitifan. Jadi yauda ketombean deh rambutku. 
Batiste Dry Shampoo - Cherry
My Opinion :
Honestly dry shampoo ini bagus. Rambut jadi gak lepek dan wanginya yang cherry ini enak, dan ketahanannya seharian untuk rambut aku yang berminyak ini. Tapi sayang rambutku kayak gak bisa terima karena setelah pakai ini sekitar 2 harian rambutku gatel-gatel dan ketombean. Dry shampoo ini benar-benar pilihan terakhirku kalau memang ada sewaktu-waktu yang aku gak bisa keramas. 

--oo--

Okey.. itu semua rangkaian hair care routine aku. Overall meskipun rambutku udah aku rawat, bukan berarti rambutku bagus banget ya haha. Tapi lebih baik dirawat daripada dibiarkan lebih rusak, benar kan? 

Untuk hair care routine ini adalah produk-produk yang biasa aku pakai, ada yang cocok dan kurang cocok di aku. Jadi apabila kalian ada yang mau coba silakan. Mungkin ada yang tipe kulitnya sama seperti aku (rusak, sensitif - ketombe dan berminyak) bisa dicoba. Tapi kalau tipe kulit rambut kalian beda sama aku. Bisa juga mencoba dari produk yang aku pakai, cuma kalian pilih tipe yang sesuai untuk tipe rambut kalian. 



Thanks for visiting my blog
If you have any questions, please leave your comments below ^^

0 komentar :

Posting Komentar